Pengaruh Lingkungan
Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK MAWAR MELATI
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR----------------------------------------------------------------- 1
DAFTAR
ISI----------------------------------------------------------------------------
2
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang …………………………………………………………… 3
1.2 Rumusan Masalah………………………………...………………………. 3
1.3 Tujuan penelitian……………………………………...…………………... 3
1.4 Hipotesis
kabut …………………………………………………………… 4
1.5
Operasional variabel………………………………………………………. 4
BAB
II METODE PENELITIAN
2.1
Jenis penelitian.………………………………………………………….… 4
2.2
Sampel ……………………………………………………….…………… 4
BAB
III LANDASAN TEORI……………………………...……….……......
5
BAB
IV HASIL PENELITIAN…………………………………………...….
7
Bab
IV Penutup
5.1
Kesimpulan……………………………………………………….……...…10
5.2 Saran………………………………………………………………..…........10
Daftar
Pustaka……………………………………………………………….....11
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
Keluarga adalah hal yang terpenting dalam membentuk sebuah kepribadian
seseorang Terutama dalam Pembentukan Nilai dan Karakter: Keluarga merupakan wadah di mana
nilai-nilai dan karakter anak pertama kali dibentuk. Nilai-nilai seperti Kesopanan,
tanggung jawab, dan kerja keras ,serta minat belajar.
Meskipun minat belajar seseorang
tidak bisa hanya ditentukan dari keluarga apa yang dia miliki. Namun pada
dasarnya keduanya saling berkaitan dan memiliki peran yang tekait. Peran aktif
dalam pendidikan anak akan memberikan dampak yang besar pada minat belajar anak.
Seperti Melibatkan diri dalam tugas sekolah. Berkaitan dalam hal tersebut maka
penelitian ini akan membahas terkait
1.2 Rumusan masalah
1.Bagaimana
lingkungan keluarga yang menunjang minat belajar siswa?
2.Apa
saja dampak lingkungan keluarga yang buruk terhadap minat belajar siswa?
1.3 Tujuan Penelitian
1. Mengetahuipengaruh lingkungan
keluarga terhadap minat belajar siswa di SMK Mawar Melati.
2.Mengetahui
dampak yang ditimbulkan lingkungan
keluarga terhadap minat belajar siswa
1.4 Hipotesis
Hipotesis
kelompok kami dapat disimpulkan pada proposal ini terdiri dari 2 bagian yaitu
sebagai berikut :
Ho : Tidak
adanya pengaruh dampak
yang ditimbulkan lingkungan
keluarga terhadap minat belajar siswa
Hi : Adanya
pengaruh dampak
yang ditimbulkan lingkungan
keluarga terhadap minat belajar siswa
1.5 Operasionalisasi
Variabel
Variabel
yang ada dalam Karya Tulis ini terbagi menjadi 2 variabel,
yaitu :
- Variabel
Bebas : Pengaruh Lingkungan
keluarga
- Variabel
Terikat : Minat Belajar siswa SMK Mawar meati
BAB II
METODE
PENELITIAN
Pada
bagian ini, metode penelitian yang kami gunakan adalah metode penelitian
kuantitatif dengan pendekatan secara desrikptif dengan metode pertanyaan
tertutup
2.1 Jenis Penelitian
Jenis
penelitian yang kelompok kami terapkan pada laporan hasil penelitian ini adalah
jenis penelitian kuantitatif. DIgunakannya metode ini dikarenakan hasilnya lebih
terstruktur dan terukur, dan dapat diandalkan. Ini membantu dalam membuat
keputusan yang berbasis bukti.
2.4 Sampel
Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Siswa SMK MAWAR MELATI acak
BAB III
LANDASAN TEORI
3.1 Pengertian keluarga
Talcott
Parsons:
Seorang sosiolog yang mengembangkan teori struktural fungsionalisme, yang
menganggap keluarga sebagai lembaga yang memenuhi fungsi-fungsi penting dalam
masyarakat, seperti reproduksi, sosialisasi, dan perawatan anggota masyarakat.
Keluarga juga diartikan sebagai hubungan biologis atau hukum antara individu, tetapi juga melibatkan
fungsi-fungsi sosial, psikologis, dan emosional yang sangat penting dalam
pembentukan individu dan masyarakat secara lebih luas. Peran keluarga dalam
sosialisasi, dukungan, dan perkembangan individu sering kali ditekankan sebagai
salah satu aspek kunci dari kehidupan manusia.
3.2 Pengaruh Lingkungan keluarga dalam minat belajar siswa
1.Penanaman
nilai dan harapan
yang ditanamkan oleh keluarga mempengaruhi motivasi dan pencapaian akademis
anak.
2.Adanya
dukungan dan saran dari keluarga membuat psikis anak merangsang hal positif
3.3 Dampak Lingkungan keluarga burukdalam minat belajar siswa
1.Anak lebih sering tidak focus di sekolah
2.Kesulitan mengungkap perasaan dan cenderung memendam
3.Tidak sedikit anak yang cenderung acuh dan justru memiliki nilai yang
baik untuk menunjukan pada orang lain bahwa dirinya bisa
BAB
IV
HASIL PENELITIAN
4.1 ANGKET
1.Apakah menurut anda lingkungan keluarga dalam minat belajar itu penting?
a.
Ya
b.Tidak
2.Apakah anda berpikir bahwa lingkungan keluarga tidak mempengaruhi kepribadian
seseorang?
a.
Ya
b.Tidak
3.Apakah anda merasa teman dengan lingkungan keluarga yang buruk itu kesulitan
mengendlaikan emosional?
a.
Ya
b.Tidak
populasi 50
JAWABAN
SOAL NOMOR |
YA |
TIDAK |
1 |
10 |
40 |
2 |
29 |
21 |
3 |
40 |
10 |
|
tabel
(kerjakan sendiri ya *contoh aja kok)
BAB V
PENUTUP
5.1 KESIMPULAN
Faktor keluarga masih dinilai berpengaruh terhadap minat belajar para sswa
5.2 SARAN
1. Melibatkan
keluarga dengan pelajaran disekolah dengan cara berdiskusi tentang tugas,PR,dll
2.
Membentuk bonding dengan orang tua
3.Membangun
komunikasi
DAFTAR PUSTAKA
CARI SENDIRI YA