CONTOH PENELITIAN SOSIAL TUGAS SOSIOLOGI 2


Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK MAWAR MELATI

DAFTAR  ISI

KATA PENGANTAR----------------------------------------------------------------- 1
DAFTAR ISI---------------------------------------------------------------------------- 2

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang …………………………………………………………… 3
1.2 Rumusan Masalah………………………………...………………………. 3
1.3 Tujuan penelitian……………………………………...…………………... 3

1.4 Hipotesis kabut …………………………………………………………… 4

1.5 Operasional variabel………………………………………………………. 4

BAB II    METODE PENELITIAN

2.1 Jenis penelitian.………………………………………………………….… 4

2.2 Sampel ……………………………………………………….……………  4

 

BAB III LANDASAN TEORI……………………………...……….……...... 5

BAB IV HASIL PENELITIAN…………………………………………...…. 7

Bab IV Penutup

5.1 Kesimpulan……………………………………………………….……...…10
5.2 Saran………………………………………………………………..…........10

Daftar Pustaka……………………………………………………………….....11

 

 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang

            Keluarga adalah hal yang terpenting dalam membentuk sebuah kepribadian seseorang Terutama dalam Pembentukan Nilai dan Karakter: Keluarga merupakan wadah di mana nilai-nilai dan karakter anak pertama kali dibentuk. Nilai-nilai seperti Kesopanan, tanggung jawab, dan kerja keras ,serta minat belajar.

                Meskipun minat belajar seseorang tidak bisa hanya ditentukan dari keluarga apa yang dia miliki. Namun pada dasarnya keduanya saling berkaitan dan memiliki peran yang tekait. Peran aktif dalam pendidikan anak akan memberikan dampak yang besar pada minat belajar anak. Seperti Melibatkan diri dalam tugas sekolah. Berkaitan dalam hal tersebut maka penelitian ini akan membahas terkait

            

1.2 Rumusan masalah

1.Bagaimana lingkungan keluarga yang menunjang minat belajar siswa?

2.Apa saja dampak lingkungan keluarga yang buruk terhadap minat belajar siswa?

1.3 Tujuan Penelitian

1. Mengetahuipengaruh lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa di SMK Mawar Melati.

2.Mengetahui dampak yang ditimbulkan lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa

 

 

1.4  Hipotesis

Hipotesis kelompok kami dapat disimpulkan pada proposal ini terdiri dari 2 bagian yaitu sebagai berikut :

Ho          :    Tidak adanya pengaruh dampak yang ditimbulkan lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa

Hi           :    Adanya pengaruh dampak yang ditimbulkan lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa

 

 

 

1.5    Operasionalisasi Variabel

Variabel yang ada dalam Karya Tulis ini terbagi menjadi 2 variabel, yaitu :

-       Variabel Bebas       : Pengaruh Lingkungan keluarga

-       Variabel Terikat     : Minat Belajar siswa SMK Mawar meati


BAB II

METODE PENELITIAN

 

Pada bagian ini, metode penelitian yang kami gunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara desrikptif dengan metode pertanyaan tertutup

 

2.1         Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang kelompok kami terapkan pada laporan hasil penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. DIgunakannya metode ini dikarenakan hasilnya lebih terstruktur dan terukur, dan dapat diandalkan. Ini membantu dalam membuat keputusan yang berbasis bukti.

2.4         Sampel

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Siswa SMK MAWAR MELATI acak

 

BAB III

LANDASAN TEORI

3.1  Pengertian keluarga

Talcott Parsons: Seorang sosiolog yang mengembangkan teori struktural fungsionalisme, yang menganggap keluarga sebagai lembaga yang memenuhi fungsi-fungsi penting dalam masyarakat, seperti reproduksi, sosialisasi, dan perawatan anggota masyarakat.

Keluarga juga diartikan sebagai hubungan biologis atau hukum antara individu, tetapi juga melibatkan fungsi-fungsi sosial, psikologis, dan emosional yang sangat penting dalam pembentukan individu dan masyarakat secara lebih luas. Peran keluarga dalam sosialisasi, dukungan, dan perkembangan individu sering kali ditekankan sebagai salah satu aspek kunci dari kehidupan manusia.

Bagian Atas Formulir

Bagian Bawah Formulir

 

 

3.2 Pengaruh Lingkungan keluarga dalam minat belajar siswa

1.Penanaman nilai dan harapan yang ditanamkan oleh keluarga mempengaruhi motivasi dan pencapaian akademis anak.

2.Adanya dukungan dan saran dari keluarga membuat psikis anak merangsang hal positif

 

3.3 Dampak Lingkungan keluarga burukdalam minat belajar siswa

1.Anak lebih sering tidak focus di sekolah

2.Kesulitan mengungkap perasaan dan cenderung memendam

3.Tidak sedikit anak yang cenderung acuh dan justru memiliki nilai yang baik untuk menunjukan pada orang lain bahwa dirinya bisa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV
HASIL PENELITIAN

4.1 ANGKET

1.Apakah menurut anda lingkungan keluarga dalam minat belajar itu penting?

a. Ya                                       b.Tidak

2.Apakah anda berpikir bahwa lingkungan keluarga tidak mempengaruhi kepribadian seseorang?

a. Ya                                       b.Tidak

3.Apakah anda merasa teman dengan lingkungan keluarga yang buruk itu kesulitan mengendlaikan emosional?

a. Ya                                       b.Tidak

 

populasi 50

 

JAWABAN

SOAL NOMOR

YA

TIDAK

1

             10

40

2

             29

          21

3

40

10

          

 

 

 

 

 

 

tabel (kerjakan sendiri ya *contoh aja kok)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 BAB V

PENUTUP

5.1  KESIMPULAN

       Faktor keluarga masih dinilai berpengaruh terhadap minat belajar para sswa

 

5.2  SARAN

1. Melibatkan keluarga dengan pelajaran disekolah dengan cara berdiskusi tentang tugas,PR,dll

2. Membentuk bonding dengan orang tua

3.Membangun komunikasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

CARI SENDIRI YA

Posting Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

Popular Items