CONTOH PENELITIAN SOSIAL TUGAS SOSIOLOGI Langsung ke konten utama

CONTOH PENELITIAN SOSIAL TUGAS SOSIOLOGI

DAFTAR  ISI
KATA PENGANTAR----------------------------------------------------------------- 1
DAFTAR ISI---------------------------------------------------------------------------- 2
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang …………………………………………………………… 3
1.2 Rumusan Masalah………………………………...………………………. 3
1.3 Tujuan penelitian……………………………………...…………………... 3
1.4 Hipotesis kabut …………………………………………………………… 4
1.5 Operasional variabel………………………………………………………. 4
BAB II    METODE PENELITIAN
2.1 Jenis penelitian.………………………………………………………….… 4
2.2 Sampel ……………………………………………………….……………  4

BAB III LANDASAN TEORI……………………………...……….……...... 5
BAB IV HASIL PENELITIAN…………………………………………...…. 7
Bab IV Penutup
5.1 Kesimpulan……………………………………………………….……...…10
5.2 Saran………………………………………………………………..…........10
Daftar Pustaka……………………………………………………………….....11

















BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
            Seperti yang kita ketahui,bahwasanya pelajar yang menginjak usia remaja lebih senang bergaul dengan kelompok mereka sendiri. Adapun dampak positif yang mereka dapat dengan mengikuti kelompok pergaulan.
             Namun sangat disayangan ,akhir akhir ini kelompok pergaulan tersebut mulai meresahkan para orang tua dan guru. Dikarenakan  salah pengartian “kesetiakawanan” yang sehingga sering sekali konflik timbul . Dan banyak sekali para remaja pelajar menjadi terobsesi dengan kelompok pergaulan untuk diakui oleh lingkungannya. Oleh karena itu,kami terdorong memilih kelompok pergaulan sebagai topik pada penelitian ini.
1.2 Rumusan masalah
1.Apa saja faktor yang mempengaruhi keikutsertaan diri pada kelompok pergaulan?
2.Apa saja dampak kelompok pergaulan terhadap pergaulan pelajar?
1.3 Tujuan Penelitian
1.Mengetahui faktor-faktor maraknya kelompok pergaulan baik berdampak positif maupun                                                       negatif
2.Mengetahui dampak yang ditimbulkan kelompok pergaulan terhadap pelajar tanah grogot










1.4  Hipotesis
Hipotesis kelompok kami dapat disimpulkan pada proposal ini terdiri dari 2 bagian yaitu sebagai berikut :
Ho          :    Tidak adanya pengaruh pengaruh Kelompok Pergaulan Terhadap Pelajar SMA /MA/Sederajat Tanah grogot
Hi           :    Adanya pengaruh pengaruh Kelompok Pergaulan Terhadap Pelajar SMA /MA/Sederajat Tanah grogot


1.5    Operasionalisasi Variabel
Variabel yang ada dalam Karya Tulis ini terbagi menjadi 2 variabel, yaitu :
-       Variabel Bebas       : Dampak kelompok pergaulan
-       Variabel Terikat     : Pelajar SMA /MA/Sederajat Tanah grogot

BAB II
METODE PENELITIAN

Pada bagian ini, metode penelitian yang kami gunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara desrikptif dengan metode pertanyaan tertutup

2.1         Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang kelompok kami terapkan pada laporan hasil penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Kami memilih jenis penelitian tersebut karena disebabkan jangka waktu yang kami miliki hanya sebentar sehingga tidak memungkinkan kami untuk menerapkan jenis penelitian kualitatif..
2.4         Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA/MA/Sederajat di Tanah grogot secara acak .







BAB III
LANDASAN TEORI
3.1  Pengertian Kelompok Pergaulan
Kelompok pergaulan adalah Chaplin (2006: 204) adalah unit sosial terdiri atas individu-individu yang diikat oleh minat atau suatu kepentingan yang sama. Geng dapat tersusun atas orang-orang dari sembarang usia, namun sangat umum terdapat di kalangan anak-anak atau pelajar
elizabeth B. Hurlock membagi pengelompokan sosial remaja dalam beberapa kategori, diantaranya[5]:
1.        Teman dekat, remaja biasanya mempunya dua atau tiga orang teman dekat atau sahabat karib. Teman dekat ini biasanya terbentuk antara anak dengan jenis kelamin yang sama.
2.        Kelompok kecil, biasanya terdiri dari kelompok teman-teman dekat. Pada mulanya terdiri dari teman yang sesama jenis, tetapi kemudian meliputi teman yang berlainan jenis.
3.        Kelompok besar, terdiri dari beberapa kelompok kecil dan teman dekat. Karena kelompok ini jumlah anggota kelompoknya besar, maka penyesuaian minat berkurang dan terdapat jarak sosial yang lebih besar diantara anggotanya.
4.        Kelompok yang terorganisir, kelompok yang dibina oleh kelompok dewasa dan dibentuk oleh sekolah dan organisasi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sosial.
5.        Kelompok geng, remaja yang tidak termasuk dalam kelompok besar dan merasa tidakpuas dengan kelompok organisasi mungkin akan mengikuti kelompok geng. Anggota geng biasanya terdiri dari anak-anak berjenis kelamin sama dan minat utama mereka adalah untuk menghadapi penolakan teman-temaan melalui perilaku antisosial








3.2 Faktor Terbentuknya Kelompok Pergaulan
1.            Adanya kesamaan latar belakang atau tujuan yang sama.
2.            Mencari popularitas, ingin lebih dikenal di kalangan teman sebaya.
3.            Mencari rasa aman dan terlindungi dalam suatu kelompok.
4.            Dalam kelompok menyediakan dukungan fisik, psikis, maupun sosial.
5.            Meningkatkan harga diri, percaya diri dan butuh akan pengakuan.
3.3 Dampak Terbentuknya Kelompok Pergaulan
1.      Menghasilkan kontrol yang kuat atas kehidupan banyak remaja.
2.      Lebih mengandalkan teman daripada orangtua.
3.      ”Stasiun penghubung” antara lepasnya ketergantungan terhadap orang tua pada masa kanak-kanak.[
4.      Pembatasan diri. Orang yang berbeda pendapat memutuskan untuk tidak berbicara daripada membuat permasalahan, melukai perasaan teman, atau mempermalukan diri
5.      Tekanan pada anak yang berbeda pendapat untuk melakukan konformitas. Kelompok mengolok dan memberi tekanan pada mereka yang berbeda pendapat untuk menaati aturan yang ada. Konformitas bisa negatif maupun positif.












BAB IV
HASIL PENELITIAN
4.1 ANGKET
1.Apakah anda memiliki kelompok pergaulan disekolah?
a. Ya                                       b.Tidak
2.Apakah anda mengikuti kelompok pergaulan untuk diakui?
a. Ya                                       b.Tidak
3.Apakah anda merasa terganggu dengan adanya kelompok pergaulan?
a. Ya                                       b.Tidak
4.Apakah ada keuntungan tersendiri bagi anda dalam kelompok pergaulan?
a. Ya                                       b.Tidak
5.Apakah menurut anda sebagian besar penyebab konflik disebabkan oleh kelompok pergaulan?
a. Ya                                       b.Tidak
6.Menurut anda apakah ada yang dirugikan dengan mengikuti kelompok pergaulan?
a. Ya                                       b.Tidak

JAWABAN
SOAL NOMOR
YA
TIDAK
1
20
28
2
2
46
3
17
31
4
25
23
5
30
18
6
19
29
JUMLAH
113
175






 Hasil analisa data dapat disajikan melalui tabel (kerjakan sendiri ya *contoh aja kok)




 BAB V
PENUTUP
5.1  KESIMPULAN
       Masih adanya kelompok pergaulan antar siswa yang berpengaruh terhadap pergaulan siswa terutama siswa SMA/MA/sederajat Tanah grogot yang sedikit banyak menimbulan pihak sekeliling lingkungan terganggu serta menjadi titik awal dari konflik.

5.2  SARAN
1.Berteman dengan siapa saja
      2.Tidak mudah terikut konflik kelompok karena hal kecil
      3.Mengurangi kegiatan diskriminasi individu/kelompok lain













DAFTAR PUSTAKA

http://fathwincha.blogspot.co.id/2013/01/fenomena-geng-remaja-dan-penyimpangan.html










contoh yang lain 

Komentar

Anonim mengatakan…
Terimakasih, postingannya sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas
Unknown mengatakan…
Kak ini jadi judulnya kelompok pergaulan ya?
Dhea mengatakan…
Daftar pusaka nya yg mn?
Unknown mengatakan…
Yg termasuk kajian pustaka yg mana ya??
alda mengatakan…
Judulnya pengaruh kelompok pergaulan pada siswa sma muhammadiyah tanah grogot kayanya de.lupa hiks
alda mengatakan…
Daftar pustakanya ada dibawah sy ambil dari link tsb tidak dari literatur buku. Kajian pustakanya kalo mau lebih rinci bs diganti yaa
Anonim mengatakan…
Data dan Variabelnya yg mana y?
alda mengatakan…
data nya di kolom ya dan tidak .
Nara02 mengatakan…
Terimikasih. Berkat tulisan ini saya jadi lancar mengerjakan tugaz sosiologi.💗💗
Unknown mengatakan…
ka manfaatnya apa ya?
Anonim mengatakan…
manfaatnya apa ya?
Anonim mengatakan…
manfaatnya apa ya
Unknown mengatakan…
terimakasih kaaak sangat membantu..
Wahyu Arya mengatakan…
kata pengantarnya mana ya ka?
poin di bab 2 kenapa loncat ke 2.4?

Postingan populer dari blog ini

SOAL PSIKOTES KEMAMPUAN KUANTITATIF (MATEMATIKA) dan pembahasan

1.Jika tinggi badan Mega dan Rina memiliki perbandingan 4:6 ,Tinggi Mega adalah 120cm,hitunglah selisih tinggi keduanya. a.50 cm b.100 cm c.30 cm e.40.cm J awab: 4:6 = a : 120 6a = 120 x 4   A= 480/6       =80 cm 120-80 =40cm Cara membuktikan bener atau gak perbandingannya ,gini Perbandingannya kan 4 : 6 Berarti 80 : 120 = 4 : 6 bener kan (E)   2.Umur adik dan kakak memiliki perbandingan 5 : 7 jika umur kakak 35 tahun . berapa umur adik? a.21 tahun b.15 tahun c.25 tahun d.20 tahun Jawab: ada banyak cara yang di tawarkan ,kalo aku lebih suka langsung kali aja perbandingan dengan umur yang diketahui 5/7 x 35 tahun = 25 tahun  mudah kan ga perlu ribet ,kalo dicari umur kakak dan diketahui umur adik ya di balik jadi 7 /5 dikali umur adik (C) 3. Anita membeli 3 baju dan 4 celana seharga 160.000 ,tomi membeli 1 baju dan 2 celana seharga 70.000. berapa total harga jika membeli 5 baju dan 1 celana? a.150.000 b.125.000 c.145.00

SOAL TRY OUT GEOGRAFI 2020 ( ROAD TO UN 2020)

1. Indonesia merupakan pulau berbentuk kepulauan Sesuai pernyataan diatas dalam geografi terdapat dalam konsep.. a.Pola b.Aglomerasi c.Diferensi area d.Jarak e.Morfologi.  2.(1)merkurius,venus,bumi    (2)Saturnur,uranus,neptunus    (3)Merkurius,Mars,Venus,Jupiter    (4)hanya Merkurius    (5)Bumi,Mars,Venus Yang termasuk planet Jovian adalah nomor... a.1 b.2 c.3 d.4 e.5 3.Pola pemukiman penduduk yang tinggal di pegunungan adalah... a.Memusat b.Linier c.Memanjang d.Mengelilingi fasilitas e.Menyebar 4.Pada perkotaan dibangun komplek elit,komplek sederhana,dan pemukiman sangat sederhana .Dalam geogradi konsep ini disebut... a.Pola b.Aglomerasi c.Interelasi d.Deskripsi e.Lokasi 5. (1) Memiliki satelit yang salah satunya Titan     (2) Kala rotasi 10 jam 40 menit     (3)Permukaan terdiri dari kristal es Berdasarkan penjelasan diatas,planet yang dimaksud adalah.. a.Uranus b.Venus c.Saturnus d.Neptunus e.Bumi