4 sendi atau akhlak batin menurul Imam Ghazali pengertian akhlak mulia dan tercela Langsung ke konten utama

4 sendi atau akhlak batin menurul Imam Ghazali pengertian akhlak mulia dan tercela

Akhlak mulia adalah akhlak yang sesuai dengan ketentuan-ketentuanan yang diajarkan Allah dan Rasul-Nya. Akhlak tercela ialah yang tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan Allah dan rasul-Nya.
Empat sendi akhlak batin yang mulia menurut Imam al-Ghazali antara lain :
1)      Ilmu yang berwujud hikmah, yaitu kebijaksanaan yang artinya adalah keadaan jiwa yang bisa menentukan antara hal-hal yang benar dan hal-hal yang salah.
2)      Amarah yang wujudnya adalah berani, keadaan kekuatan amarah yang tunduk kepada akal pada waktu dinyatakan atau dikekang.
3)      Nafsu syahwat (keinginan) yang wujudnya adalah iffah, yaitu keadaan syahwat yang terdidik oleh akal.
4)      Keseimbangan antara ilmu, amarah, dan nafsu yang wujudnya adalah adil, yakni kekuatan jiwa yang menuntun amarah dan keinginan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh hikmah (kebaikan dan kebijaksanaan).
Dari empat sendi akhlak tersebut akan melahirkan perbuatan-perbuatan yang baik, yaitu jujur, suka memberi kepada sesama, tawadu, tabah, tinggi cita-cita, pemaaf, kasih sayang terhadap sesama, menghormati orang lain, qona’ah, sabar, malu, pemurah, berani membela kebenaran, menjaga diri dari hal-hal yang haram.

Empat sendi akhlak batin yang tercela menurut Imam al-Ghazali antara lain :
1)      Keji, pintar busuk, bodoh, yaitu keadaan jiwa yang terlalu pintar atau tidak menentukan yang benar diantara yang salah karena bodohnya.
2)      Berani tapi sembrono, penakut, dan lemah, yaitu kekuatan amarah yang tidak bisa dikekang atau tidak pernah dilakukan, sekalipun sesuai dengan kehendak akal.
3)      Rakus dan statis, yaitu keadaan syahwat yang tidak terdidik oleh akal dan syariat agama, berarti ia bisa berlebihan atau sama sekali tidak berfungsi.
4)      Aniaya, yaitu kekuatan syahwat dan amarah yang tidak terbimbing oleh hikmah.
Keempat sendi akhlak tercela itu akan melahirkan berbagai perbuatan tercela yang dikendalikan oleh hawa nafsu seperti sombong, riya, mencaci maki, khianat, dusta, dengki, keji, serakah, ujub, pemarah, malas, mmembukakan aib, kikir, dll. yang kesemuanya akan mendatangkan malapetaka baik bagi pribadi maupun bagi masyarakat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PENELITIAN SOSIAL TUGAS SOSIOLOGI

DAFTAR  ISI KATA PENGANTAR----------------------------------------------------------------- 1 DAFTAR ISI---------------------------------------------------------------------------- 2 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang …………………………………………………………… 3 1.2 Rumusan Masalah………………………………...………………………. 3 1.3 Tujuan penelitian……………………………………...…………………... 3 1.4  Hipotesis kabut …………………………………………………………… 4 1.5 Operasional variabel………………………………………………………. 4 BAB II    METODE PENELITIAN 2.1 Jenis penelitian.………………………………………………………….… 4 2.2 Sampel ……………………………………………………….……………  4 BAB III LANDASAN TEORI ……………………………...……….……...... 5 BAB IV HASIL PENELITIAN …………………………………………...…. 7 Bab IV Penutup 5.1 Kesimpulan……………………………………………………….……...…10 5.2 Saran………………………………………………………………..…........10 Daftar Pustaka……………………………………………………………….....11 BAB I PENDAHULUAN 1.1.Latar Belakang             Seperti yang kita ketahui,bahwasanya pelajar yang menginjak usia remaja lebih senang bergaul dengan kelompok mereka s

SOAL PSIKOTES KEMAMPUAN KUANTITATIF (MATEMATIKA) dan pembahasan

1.Jika tinggi badan Mega dan Rina memiliki perbandingan 4:6 ,Tinggi Mega adalah 120cm,hitunglah selisih tinggi keduanya. a.50 cm b.100 cm c.30 cm e.40.cm J awab: 4:6 = a : 120 6a = 120 x 4   A= 480/6       =80 cm 120-80 =40cm Cara membuktikan bener atau gak perbandingannya ,gini Perbandingannya kan 4 : 6 Berarti 80 : 120 = 4 : 6 bener kan (E)   2.Umur adik dan kakak memiliki perbandingan 5 : 7 jika umur kakak 35 tahun . berapa umur adik? a.21 tahun b.15 tahun c.25 tahun d.20 tahun Jawab: ada banyak cara yang di tawarkan ,kalo aku lebih suka langsung kali aja perbandingan dengan umur yang diketahui 5/7 x 35 tahun = 25 tahun  mudah kan ga perlu ribet ,kalo dicari umur kakak dan diketahui umur adik ya di balik jadi 7 /5 dikali umur adik (C) 3. Anita membeli 3 baju dan 4 celana seharga 160.000 ,tomi membeli 1 baju dan 2 celana seharga 70.000. berapa total harga jika membeli 5 baju dan 1 celana? a.150.000 b.125.000 c.145.00

SOAL TRY OUT GEOGRAFI 2020 ( ROAD TO UN 2020)

1. Indonesia merupakan pulau berbentuk kepulauan Sesuai pernyataan diatas dalam geografi terdapat dalam konsep.. a.Pola b.Aglomerasi c.Diferensi area d.Jarak e.Morfologi.  2.(1)merkurius,venus,bumi    (2)Saturnur,uranus,neptunus    (3)Merkurius,Mars,Venus,Jupiter    (4)hanya Merkurius    (5)Bumi,Mars,Venus Yang termasuk planet Jovian adalah nomor... a.1 b.2 c.3 d.4 e.5 3.Pola pemukiman penduduk yang tinggal di pegunungan adalah... a.Memusat b.Linier c.Memanjang d.Mengelilingi fasilitas e.Menyebar 4.Pada perkotaan dibangun komplek elit,komplek sederhana,dan pemukiman sangat sederhana .Dalam geogradi konsep ini disebut... a.Pola b.Aglomerasi c.Interelasi d.Deskripsi e.Lokasi 5. (1) Memiliki satelit yang salah satunya Titan     (2) Kala rotasi 10 jam 40 menit     (3)Permukaan terdiri dari kristal es Berdasarkan penjelasan diatas,planet yang dimaksud adalah.. a.Uranus b.Venus c.Saturnus d.Neptunus e.Bumi