MAKALAH SENGKETA INTERNASIONAL (BAHAN) Langsung ke konten utama

MAKALAH SENGKETA INTERNASIONAL (BAHAN)

TUGAS PPKN SMA
1.Pengertian sengketa internasional
   Sengketa Internasional (international dispute) adalah perselisihan yang terjadi antara negara dan negara, antara negara dan individu-individu, atau antara negara dan badan-badan atau lembaga-lembaga yang menjadi subjek hukum Internasional.

2.Faktor terjadinya sengketa internasional
  1. Politik luar negeri yang terlalu luwes atau sebaliknya terlalu kaku
Politik luar negeri suatu bangsa menjadi salah satu penyebab kemungkinan timbulnya sengketa antarnegara. Sikap tersinggung atau salah paham merupakan pemicu utama terjadinya konfl ik. Salah satu contohnya adalah sikap Inggris yang terlalu luwes (fleksibel) dalam masalah pengakuan pemerintahan Cina. Pada akhirnya mengakibatkan ketersinggungan pihak Amerika Serikat yang bersikap kaku terhadap Cina.
  1. Unsur-unsur moralitas dan kesopanan antarbangsa
Dalam menjalin kerja sama atau berhubungan dengan bangsa lain, kesopanan antarbangsa penting untuk diperhatikan dalam etika pergaulan. Sebab jika kita menyalahi etika bisa saja timbul konfl ik atau ketegangan. Hal ini pernah terjadi saat Singapura mengundurkan diri dari perjanjian dengan Malaysia, meskipun hubungan baik telah lama mereka jalin.
  1. Masalah klaim batas negara atau wilayah kekuasaan
Negara-negara yang bertetangga secara geografis berpeluang besar terjadi konflik atau sengketa memperebutkan batas negara. Hal ini dialami antara lain oleh Indonesia-Malaysia, India-Pakistan, dan Cina-Taiwan.
4.      Masalah hukum nasional (aspek yuridis) yang saling bertentangan
Hukum nasional setiap negara berbeda-beda bergantung pada kebutuhan dan kondisi masyarakatnya. Jika suatu negara saling bekerja sama tanpa mempertimbangkan hukum nasional negara lain, bukan tidak mungkin konfrontasi bisa terjadi. Hal ini terjadi saat Malaysia secara yuridis menentang cara-cara pengalihan daerah Sabah dan Serawak dari kedaulatan Kerajaan Inggris ke bawah kedaulatan Malaysia.
  1. Masalah ekonomi
Faktor ekonomi dalam praktek hubungan antara negara ternyata sering kali memicu terjadinya konflik internasional. Kebijakan ekonomi yang kaku dan memihak adalah penyebab terjadinya konflik. Hal ini dapat terlihat ketika Amerika Serikat mengembargo minyak bumi hasil dari Irak yang kemudian menjadikan konflik tegang antara Amerika Serikat dan Irak.

3.Macam-macam sengketa internasional
  1. Sengketa justisiabel
Sengketa justisiabel adalah sengketa yang dapat diajukan ke pengadilan atas dasar hukum internasional. Sengketa justisiabel sering disebut sebagai sengketa hukum, karena sengketa tersebut timbul dari hukum internasional dan diselesaikan dengan menerapkan hukum internasional.

  1. Sengketa non-justisiabel
Sengketa non-justisiabel adalah sengketa yang bukan merupakan sasaran penyelesaian pengadilan. Sengketa non-justisiabel sering dikenal sebagai sengketa politik karena hanya melibatkan masalah kebijaksanaan atau urusan lain di luar hukum, sehingga penyelesaian lebih banyak menggunakan pertimbangan politik. Penyelesaian politik ini ditempuh dengan jalan diplomasi melalui keahlian diplomasi dari para diplomatnya.








4.Penyelesaian sengketa internasional tanpa melalui mahkamah internasional
1. Penyelesaian Sengketa Internasional Secara Kekerasan

Metode kekerasan dalam menyelesaikan sengketa internasional terdiri atas cara-cara seperti berikut.

·         Pertikaian Bersenjata
Pertikaian bersenjata adalah pertentangan yang disertai penggunaan kekerasan angkatan bersenjata tiap-tiap pihak dengan tujuan menundukkan lawan, dan menetapkan persyaratan perdamaian secara sepihak.
·         Retorsi
Retorsi adalah pembalasan yang dilakukan oleh suatu negara terhadap tindakan yang tidak pantas dari negara lain. Perbuatan retorsi adalah perbuatan sah, tetapi tidak bersahabat. Contoh retorsi antara lain retorsi mengenai pengetatan hubungan diplomatik, penghapusan hak istimewa diplomatik, dan penarikan kembali konsensi pajak atau tarif.
·         Reprasial
Reprasial adalah pembalasan yang dilakukan oleh suatu negara terhadap tindakan yang melanggar hukum dari negara lawan dalam suatu sengketa. Reprasial dapat dilakukan pada masa damai maupun di antara pihak yang bersengketa. Reprasial pada masa damai antara lain pemboikotan barang, embargo, dan unjuk kekuatan (show of force).

·         Blokade Damai
Blokade adalah suatu pengepungan wilayah, misalnya pengepungan suatu kota atau pelabuhan dengan tujuan untuk memutuskan hubungan wilayah itu dengan pihak luar. Ada dua macam blokade, yaitu blokade pada masa perang dan damai.

2. Penyelesaian Sengketa Internasional Secara Damai

Penyelesaian secara damai merupakan cara penyelesaian tanpa paksaan atau kekerasan. Cara-cara penyelesaian ini meliputi: arbitrasi, penyelesaian yudisial, negosiasi, jasa-jasa baik, mediasi, konsiliasi, penyelidikan, penyelesaian di bawah naungan organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

  • Arbitrase
Penyelesaian pertikaian atau sengketa internasional melalui arbitrase internasional merupakan pengajuan sengketa internasional kepada arbitrator yang dipilih secara bebas oleh para pihak. Mereka itulah yang memutuskan penyelesaian sengketa, tanpa terlalu terikat pada pertimbangan-pertimbangan hukum. Putusan itu dapat didasarkan pada kepantasan dan kebaikan.



  • Penyelesaian Yudisial
Penyelesaian yudisial merupakan suatu penyelesaian sengketa internasional melalui suatu pengadilan internasional yang dibentuk sebagaimana mestinya, dengan memberlakukan kaidah-kaidah hukum. Lembaga pengadilan internasional yang berfungsi sebagai organ penyelesaian yudisial dalam masyarakat internasional adalah International Court of Justice.

  • Negosiasi
Negosiasi adalah upaya penyelesaian sengketa yang dilakukan secara langsung oleh para pihak yang bersengketa melalui dialog tanpa ada keikutsertaan dari pihak ketiga. Dalam pelaksanaan negosiasi ini, para pihak melakukan pertukaran pendapat dan usul untuk mencari kemungkinan tercapainya penyelesaian sengketa secara damai. Negosiasi dapat berbentuk bilateral dan multilateral. Negosiasi dapat dilangsungkan melalui saluran diplomatik pada konferensi internasional atau dalam suatu lembaga atau organisasi internasional.

  • Good Offices (Jasa Baik)
Good offices (jasa baik) adalah tindakan pihak ketiga yang membawa ke arah terselenggaranya negosiasi, tanpa berperan serta dalam diskusi mengenai substansi atau pokok sengketa yang bersangkutan. Good offices akan terjadi apabila pihak ketiga mencoba membujuk para pihak sengketa untuk melakukan negosiasi sendiri. Good offices merupakan suatu metode penyelesaian sengketa internasional yang tidak tercantum dalam ketentuan pasal 33 Piagam PBB.

  • Mediasi
Mediasi adalah tindakan negara ketiga atau individu yang tidak berkepentingan dalam suatu sengketa internasional, yang bertujuan membawa ke arah negosiasi atau memberi fasilitas ke arah negosiasi dan sekaligus berperan serta dalam negosiasi pihak sengketa tersebut. Pelaksana mediasi disebut mediator. Mediator dapat dilakukan oleh pemerintah maupun individu. Mediator lebih berperan aktif demi tercapainya penyelesaian sengketa.






  • Konsiliasi
Seperti cara mediasi, penyelesaian sengketa melalui cara konsiliasi menggunakan intervensi pihak ketiga. Pihak ketiga yang melakukan intervensi ini biasanya adalah negara. Namun, bisa juga sebuah komisi yang dibentuk oleh para pihak. Konsiliasi juga dapat diartikan sebagai upaya penyelesaian sengketa secara bersahabat dengan bantuan negara lain atau badan pemeriksa yang netral atau tidak memihak, atau dengan bantuan Komite Penasihat.

  • Enquiry atau Penyelidikan
Enquiry atau penyelidikan adalah suatu proses penemuan fakta oleh suatu tim penyelidik yang netral. Prosedur ini dimaksudkan untuk menyelesaikan sengketa yang timbul karena perbedaan pendapat mengenai fakta, bukan untuk permasalahan yang bersifat hukum murni. Hal ini karena fakta yang mendasari suatu sengketa sering dipermasalahkan.
5.Penyelesaian sengketa internasional melalui mahkamah internasional
Dalam penyelesaian sengketa Mahkamah Internasional dapat menggunakan istilah  :
           1.      Ajudikasi                            : Teknik penyelesaian sengketa dengan menyerahkan               putusan kepada lembaga peradilan.
  1. Ex Aequo et bono              :  Didasarkan pada keadilan dan kebaikan bukan didasarkan pada hukum (atas dasar kesepakatan negara yang bersengketa).
  2. Advisory opinion               : Opini hukum yang dibuat pengadilan untuk menyelarasi permasalahan  yang diajukan oleh lembaga berwenang.
  3. Compromis                        :  Kesepakatan bersama pihak yang bersengketa.
  4. Compulsory jurisdiction    : Peradilan internasional mendengarkan dan memutuskan keputusan tanpa memerlukan kesepakatan terlebih dahulu dari pihak yang terlibat.
Ø  Mekanisme Normal :
1.   Penyerahan perjanjian khusus yng berisi tdentitas para pihak dan pokok persoalan sengketa.
2.   Pembelaan tertulis, berisi fakta, hukum yang relevan, tambahan fakta baru, penilakan atas fakta yang disebutkan dan berisi dokumen pendukung.
3.   Presentasi pembelaan bersifat terbuka dan umum atautertutup tergantung pihak sengketa.
4.   Keputusan bersifat menyetujui dan penolakan. 
Kasus internasional dianggap selesai apa bila :
·         Para pihak mencapai kesepakatan
·         Para pihak menarik diri dari prose persidangan Mahkamah internasional.
·         Mahkamah internasional telah memutus kasus tersebut berdasarkan pertimbangan dan telah dilakukan ssuai proses hukum internasional yang berlaku.

Ø  Mekanisme Khusus :
1.   Keberatan awal karena ada keberatan dari pihak sengketa Karen mahkamah intrnasional dianggap tidak memiliki yusidiksi atau kewenangan atas kasus tersebut.
2.   Ketidak hadiran salah satu pihak yang bersengketa, biasanya dilakukan oleh Negara tergugat atau respondent karena menolak yuridiksi Mahkamah Internasional.

3.   Keputusan sela, untuk memberikan perlindungan terhadap subyek persidangan, supaya pihak sengketa tidak melakukan hal-hal yang mengancah efektivitas persidangan Mahkamah internasional.



#PENGERTIANSENGKETAINTERNASIONAL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PENELITIAN SOSIAL TUGAS SOSIOLOGI

DAFTAR  ISI KATA PENGANTAR----------------------------------------------------------------- 1 DAFTAR ISI---------------------------------------------------------------------------- 2 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang …………………………………………………………… 3 1.2 Rumusan Masalah………………………………...………………………. 3 1.3 Tujuan penelitian……………………………………...…………………... 3 1.4  Hipotesis kabut …………………………………………………………… 4 1.5 Operasional variabel………………………………………………………. 4 BAB II    METODE PENELITIAN 2.1 Jenis penelitian.………………………………………………………….… 4 2.2 Sampel ……………………………………………………….……………  4 BAB III LANDASAN TEORI ……………………………...……….……...... 5 BAB IV HASIL PENELITIAN …………………………………………...…. 7 Bab IV Penutup 5.1 Kesimpulan……………………………………………………….……...…10 5.2 Saran………………………………………………………………..…........10 Daftar Pustaka……………………………………………………………….....11 BAB I PENDAHULUAN 1.1.Latar Belakang             Seperti yang kita ketahui,bahwasanya pelajar yang menginjak usia remaja lebih senang bergaul dengan kelompok mereka s

SOAL PSIKOTES KEMAMPUAN KUANTITATIF (MATEMATIKA) dan pembahasan

1.Jika tinggi badan Mega dan Rina memiliki perbandingan 4:6 ,Tinggi Mega adalah 120cm,hitunglah selisih tinggi keduanya. a.50 cm b.100 cm c.30 cm e.40.cm J awab: 4:6 = a : 120 6a = 120 x 4   A= 480/6       =80 cm 120-80 =40cm Cara membuktikan bener atau gak perbandingannya ,gini Perbandingannya kan 4 : 6 Berarti 80 : 120 = 4 : 6 bener kan (E)   2.Umur adik dan kakak memiliki perbandingan 5 : 7 jika umur kakak 35 tahun . berapa umur adik? a.21 tahun b.15 tahun c.25 tahun d.20 tahun Jawab: ada banyak cara yang di tawarkan ,kalo aku lebih suka langsung kali aja perbandingan dengan umur yang diketahui 5/7 x 35 tahun = 25 tahun  mudah kan ga perlu ribet ,kalo dicari umur kakak dan diketahui umur adik ya di balik jadi 7 /5 dikali umur adik (C) 3. Anita membeli 3 baju dan 4 celana seharga 160.000 ,tomi membeli 1 baju dan 2 celana seharga 70.000. berapa total harga jika membeli 5 baju dan 1 celana? a.150.000 b.125.000 c.145.00

SOAL TRY OUT GEOGRAFI 2020 ( ROAD TO UN 2020)

1. Indonesia merupakan pulau berbentuk kepulauan Sesuai pernyataan diatas dalam geografi terdapat dalam konsep.. a.Pola b.Aglomerasi c.Diferensi area d.Jarak e.Morfologi.  2.(1)merkurius,venus,bumi    (2)Saturnur,uranus,neptunus    (3)Merkurius,Mars,Venus,Jupiter    (4)hanya Merkurius    (5)Bumi,Mars,Venus Yang termasuk planet Jovian adalah nomor... a.1 b.2 c.3 d.4 e.5 3.Pola pemukiman penduduk yang tinggal di pegunungan adalah... a.Memusat b.Linier c.Memanjang d.Mengelilingi fasilitas e.Menyebar 4.Pada perkotaan dibangun komplek elit,komplek sederhana,dan pemukiman sangat sederhana .Dalam geogradi konsep ini disebut... a.Pola b.Aglomerasi c.Interelasi d.Deskripsi e.Lokasi 5. (1) Memiliki satelit yang salah satunya Titan     (2) Kala rotasi 10 jam 40 menit     (3)Permukaan terdiri dari kristal es Berdasarkan penjelasan diatas,planet yang dimaksud adalah.. a.Uranus b.Venus c.Saturnus d.Neptunus e.Bumi